meminjam modal usaha

Sebelum Meminjam Uang untuk Modal Usaha, Perhatikan Dulu Ini!

meminjam modal usaha

source : cermati

Apakah Anda sedang berencana untuk melakukan pinjaman uang yang nantinya akan dipergunakan sebagai modal membuka usaha sendiri? Jika ya, maka jangan lupa untuk memerhatikan beberapa hal penting yang akan kami jelaskan di dalam artikel ini terlebih dahulu. Meskipun terkadang saran ini kerapkali diabaikan oleh peminjam, akan tetapi tidak ada salahnya untuk Anda ikuti, kan? Adapun beberapa hal yang harus dilihat sebelum meminjam uang adalah sebagai berikut, check it out: (dikutip melalui: finansialku.com)

  1. Cari tahu seberapa besar pinjaman yang Anda butuhkan. Sebelum melakukan pinjaman, alangkah baiknya cari tahu dulu berapa jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Caranya juga tidak sulit, cukup dengan menghitung arus kas setiap bulannya. Dengan begini, tentu akan terlihat langsung seberapa besar pinjaman yang harus Anda pinjamkan ke bank maupun pihak pemberi pinjaman.
  2. Mengecek pinjaman yang diambil baik secara KTA dan KMG. Anda juga sangat penting mengecek pinjaman yang akan diambil untuk modal usaha, entah itu secara KTA maupun KMG. Nah, berikut penjelasan yang bisa Anda lihat, di antaranya:
  • KTA (kredit tanpa agunan). KTA merupakan salah satu produk pinjaman yang ditawarkan oleh bank maupun pihak pemberi pinjaman yang tidak mengharuskan nasabah memberikan jaminan. Artinya, nasabah tidak wajib memberi aset penjamin ketika ingin meminjam modal untuk dana usaha. Di samping itu, pengajuan kredit pada KTA ini juga terbilang sangat mudah, suku bunga yang harus dibayarkan bersifat tetap meski tidak rendah seperti di beberapa negara, mengambil dana pinjaman hingga ratusan juta rupiah, dan sebagainya.
  • KMG (kredit multi guna). Berbeda dengan KTA, mengambil uang dengan cara KMG ini mengharuskan Anda untuk memberikan asset penjamin kepada pihak bank. Jika tidak diberikan, maka Anda tidak akan memperoleh dana pinjaman. Meskipun begitu, Anda akan memperoleh sejumlah keuntungan misalnya seperti limit pinjaman hingga 500juta lebih, dana bisa dijadikan sebagai modal usaha, membayar tenor hingga puluhan tahun, dan sebagainya.
  1. Jangan lupa melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Jika Anda berniat untuk meminjam modal usaha, sebaiknya jangan lupa untuk melengkapi semua dokumen yang nantinya dibutuhkan. Misalnya saja, formulir lengkap, kartu keluarga, fotokopi KTP dan KITAS, bukti penghasilan, NPWP, fotokopi kartu kredit jika ada, dan sebagainya.

Selain beberapa poin di atas, penting pula bagi Anda mencari tahu bagaimana profil perusahaan tempat Anda meminjam modal usaha, mengecek berapa besar denda yang harus dibayarkan setiap bulannya jika Anda telat membayar angsuran, dan sebagainya. –SH–

Leave a comment