vivo

9 Aplikasi Ini Tidak Akan Kamu Jumpai di China (part 1)

Di negara Indonesia sendiri para pengguna media sosial diberi kebebasan untuk memainkan berbagai macam aplikasi yang bisa langsung di download di dalam handphone pintar tanpa harus takut dengan adanya larangan dari pihak pemerintah. Namun, tidak demikian dengan negara China. Pasalnya, di negeri Tirai Bambu ini penggunaan beberapa aplikasi media sosial yang biasa kita gunakan untuk berkomunikasi di handphone vivo malah dilarang digunakan di China. Bahkan, yang lebih parah beragam aplikasi media sosial ini di blokir langsung oleh pemerintahan China. Wow!

Lalu, aplikasi mana aja nih yang dilarang penggunaannya dan tidak akan pernah kamu jumpai di negara China? Ini beberapa aplikasinya.

  • Twitter
vivo

source : Google

Siapa sih yang tidak pernah memainkan aplikasi Twitter ini? Aplikasi yang bisa dimainkan baik di dalam PC ataupun handphone canggih ini, sangat dilarang penggunaannya di negera China. Pelarangan ini pun sudah dimulai semenjak tahun 2011 silam. Meskipun demikian, namun masyarakat China masih tetap bisa menikmati aplikasi yang cukup mirip dengan Twitter yang dibuat oleh pengembang lokal, yakni Weibo. Di aplikasi Weibo ini, masyarakat dapat pula membagikan video, foto, sekaligus tweet kepada temannya.

  • Instagram
vivo

source : Google

Melansir dari sebuah blog, aplikasi yang digunakan untuk berbagi video serta foto di media sosial ini dilarang digunakan di China. Lantaran, diduga ada kaitannya dengan Pro Demokrasi di Hongkong. Adanya pelarangan sekaligus pemblokiran aplikasi Instagram ini, sampai sekarang masih tidak dijelaskan oleh pemerintah China, sehingga membuat masyarakat China pun tidak bisa lagi mengunggah berbagai foto dan video di Instagram.

  • Facebook
vivo

source : Google

Aplikasi Facebook yang sangat banyak penggunanya di negara Indonesia maupun dunia ini, diblokir dari negara China semenjak pecahnya kericuhan di kota Xinjiang pada tahun 2009. Meski, sudah lama berlalu, akan tetapi keliatannya aplikasi yang satu ini tidak akan bisa digunakan oleh masyarakat China. Kendati demikian, namun pendiri Facebook yaitu Mark Zuckerberg pun tidak tinggal diam. Sudah beberapa kali ia bertolak ke China untuk melakukan pendekatan ke pemerintah China, supaya Facebook kembali dipakai di China.

Gimana? Apakah kamu sanggup tidak memainkan berbagai macam aplikasi di atas? Masih ada loh kelanjutan artikel ini di bagian 2. Jadi, jangan lupa untuk melihatnya, ya. Hehe 😃 –SH–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s